Hasil Karya Tugas Kelompok Project Bermain Peran (Role Playing) Kelas XI-3 Kelompok 3 Dimensi Literasi Digital Materi Tentang Dampak Sosial Informatika
Pembelajaran mata pelajaran informatika saat ini tidak hanya berfokus pada penguasaan teknologi dan keterampilan teknis, namun juga pada aspek-aspek yang lebih luas seperti literasi digital dan dampak sosial dari penggunaan teknologi informasi. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan pemahaman ini adalah role playing atau bermain peran. Dalam konteks ini, model role playing membantu peserta didik memahami isu-isu terkait dampak sosial informatika melalui simulasi peran yang memungkinkan mereka merasakan dan memahami situasi nyata yang dihadapi masyarakat digital saat ini.
Role playing adalah metode pembelajaran aktif di mana peserta didik memainkan peran tertentu dalam sebuah skenario yang telah disiapkan oleh guru. Model ini memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam karena peserta didik tidak hanya mempelajari konsep secara teori, tetapi juga mengalaminya secara langsung melalui simulasi. Dalam mata pelajaran informatika, khususnya pada dimensi literasi digital, role playing bisa digunakan untuk menggali lebih jauh dampak sosial dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.